Sejarah SIgnage Dan Fungsinya Yang Jarang Diketahui - Alyandaj Reaction
 

Sejarah SIgnage Dan Fungsinya Yang Jarang Diketahui

| Posted in advertising

Signage merupakan kata yang sangat asing sekali di telinga masyarakat. Namun walaupun seperti itu penggunaannya cukup dekat dengan kehidupan masyarakat. Signage merupakan papan petunjuk yang berisi informasi singkat untuk orang-orang yang melihatnya. Signage dapat hadir dalam bentuk yang bermacam-macam seperti papan nama tempat, papan petunjuk jalan, papan informasi dengan  penyajian yang juga variatif seperti menggunakan huruf timbul.

Sejarah Signage

Sejarah SIgnage Dan Fungsinya

Walaupun asing di telinga masyarakat, signage sebesarnya sudah populer digunakan sejak tahun 1970an hingga 1980an di mana Signage sejak saat kemunculannya sudah digunakan untuk menginformasikan jalan dan tempat. Signs yang merupakan kata dasar dari Signage yang berarti tanda ditampilkan dengan desain tertentu untuk menampilkan informasi kepada siapapun yang melihatnya, termasuk petunjuk jalan (wayfinding).

Signage memiliki bentuk yang berbeda-beda tergantung di mana Ia dtempatkan. Signage dapat berbentuk huruf timbul jika digunakan untuk menginformasikan tempat tertentu, juga dapat berbentu spanduk atau banner jika digunakan untuk menginformasikan deskripsi suatu tempat atau benda tertentu, bahkan signage dapat hadir dalam bentuk yang paling sederhana, yaitu marka jalan.

Apakah kehadiran signage memiliki fungsi yang cukup penting? Signage hadir tentu saja dengan membawa fungsi tertentu untuk masyarakat. Di antaranya:

1. Information

Merupakan fungsi utama signage, yaitu untuk menginformasikan semua yang perlu diinformasikan yang kemudian dituangkan di atas papan, atau lebih modern lagi papan digital yang kemudian ditempatkan di tempat di mana orang-orang dapat mengakses informasi tersebut dengan mudah.

2. Direction

Signage dalam hal ini berfungsi untuk menunjukkan suatu lokasi dari penyedia fasilitas maupun layanan sosial termasuk penunjuk arah.

3. Identification

Signage dalam hal ini difungsikan sebagai penanda suatu tempat, misalnya tempat ini sebagai toilet dan tempat itu sebagai rumah makan, dan lain sebagainya.

4. Safety and regulatory

Signage dalam hal ini difungsikan untuk menyampaikan peraturan berupa penunjuk keselamatan, tanda bahaya, pintu darurat maupun papan peraturan dan tata tertib.

Signage pada mula kelahirannya dikemas dalam bentu papan biasa saja, namun kini signage hadir dalam banyak variasi bentuk dari mulai huruf timbul hingga penyampaian informasi menggunakan papan digital.


Alyandaj Reaction ©2020. All Rights Reserved.
Powered by WordPress. Theme by Phoenix Web Solutions