Proses Pengecoran Dak Beton Yang Baik - Alyandaj Reaction
 

Proses Pengecoran Dak Beton Yang Baik

| Posted in konstruksi

Pengecoran Dak Beton

Istilah dak mengacu pada pembatas antara lantai bawah dengan lantai yang berada di atasnya. Dak juga dimaksudkan untuk menyebut konstruksi yang berada di bagian teratas. Ada beragam bahan yang bisa digunakan untuk pembuatan dak, salah satunya dengan menggunakan beton. Dak beton sebagai bagian dari sebuah rumah maka Dak harus memiliki konstruksi yang kuat.

Sebelum proses pengecoran dimulai, buatlah terlebih dahulu bekisting dan kemudian pembesian. Bekisting merupakan cetakan sementara yang dipakai untuk menahan beton selama proses penuangan sehingga diperoleh bentuk sesuai keinginan. Pada bagian sisi dalam papan bekisting sebaiknya diolesi dengan oli atau minyak supaya bekisting tidak melekat ada beton setelah kering.

Sedangkan pembesian elemen struktur yang meliputi balok, kolom, dan pelat sebaiknya saling mengikat sehingga menjadi satu kesatuan. Selanjutnya untuk hasil yang bagus, proses pengecoran harus diselesaikan sesegera mungkin secara bersamaan dan cepat.

Jika proses pengecoran mengandalkan tenaga manusia saja, maka pastikan jumlah tenaga tukang mencukupi untuk menyelesaikan pekerjaan pengecoran dalam satu hari. Sebagai gambaran, untuk luas 0,5 kubik dibutuhkan 1 orang tenaga kerja pengecoran. Bila ingin lebih cepat dan efisien, gunakan mesin untuk pengecoran yang dipadukan dengan tenaga kerja.

Ketebalan dak beton haruslah cukup kuat untuk menahan gaya tekan. Biasanya atap dak beton dibuat dengan ketebalan minimal 8cm. Sedangkan untuk dak lantai beton dibuat dengan ketebalan 12cm.

Sesudah proses pengecoran selesai dilakukan, curing dengan air untuk menjaga proses hidrasi dan evaporasi sehingga menghindari retak akibat penyusutan. Kemudian tunggulah selama kurang lebih 2 minggu untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Dak beton adalah salah satu jenis dak yang kuat dan tidak mudah rusak. Dak beton juga tahan terhadap perubahan cuaca dan mampu menahan panas matahari. Biaya perawatannya pun terbilang minim dan mudah dibersihkan.

Baca Juga : Harga Cor Beton Per M3 dan Per M2 Terbaru April 2020

Untuk pembangunan rumah 1 lantai, Anda dapat menggunakan Jayamix K-225. Sementara untuk bangunan 2-3 lantai sebaiknya gunakan Jayamix K-250 untuk bahan baku konstruksinya.

Dengan mengikuti 3 tahapan cara membuat dak beton yang benar tersebut, maka Anda akan mendapatkan dak beton yang kuat dan tahan lama.


Alyandaj Reaction ©2020. All Rights Reserved.
Powered by WordPress. Theme by Phoenix Web Solutions