Kenapa Saat Liburan Harga Sewa Bus Melonjak Naik? – Alyandaj Reaction
 

Kenapa Saat Liburan Harga Sewa Bus Melonjak Naik?

| Posted in Bus pariwisata

kenapa-saat-liburan-harga-sewa-bus-melonjak-naik

Harga sewa bus pariwisata cenderung naik mana kala masa liburan tiba. Beberapa orang yang belum cukup wawasan seputar layanan ini tentu  akan sulit untuk memakluminya. Mereka tentu akan bertanya – tanya di dalam benak mereka sendiri, “Bagaimana bisa harga sewa yang biasanya segini jadi segitu di waktu liburan?”

Selain memicu munculnya pertanyaan tersebut, mereka yang belum memakluminya akan salah dalam perhitungan rencana anggaran perjalanan. Alasannya tentu karena mereka ketika telah yakin akan menyewa bus di waktu liburan hanya melihat daftar harga untuk hari – hari biasa. Karena itu ketika mereka datang ke PO dan menyampaikan apa yang dibutuhkan, mereka terkejut saat mengetahui tarifnya tidak sesuai dengan informasi yang mereka punya.

Memang seringkali sebuah perusahaan otobus melalui website resminya hanya memaparkan rincian harga sewa untuk penggunaan di tanggal hitam alias hari – hari kerja. Namun perlu anda ketahui, umumnya dalam daftar harga yang mereka bagikan pada bagian bawah selalu tercantum tulisan “Harga bisa berubah sewaktu – waktu tanpa ada pemberitahuan melalui website ini”. Jadi tak ada hak bagi kita untuk menyalahkan mereka saat kita akan menyewa bus kemudian menemukan anggaran yang kita aloksikan tidak mencukupi.

 

Memahami Alasan Harga Sewa Bus Naik Kala Liburan Tiba

Sekarang mari kita bahas saja mengapa harga sewa bus dari semua agen relatif lebih mahal waktu masa liburan tiba. Sebetulnya jawaban dari pertanyaan tersebut sangat sederhana. Untuk memahami kondisi ini kita cukup dengan mengerti prinsip pasar. Adapun prinsip yang saya maksud adalah, meningkatnya permintaan akan suatu kebututuhan tanpa disertai sumber pemenuhan yang bertambah akan merangsang kenaikan harga untuk mendapatkan pemenuhan kebutuhan tersebut.

Mari kita uraikan prinsip ini pada layanan sewa bus pariwisata. Target pasar dari layanan semacam ini adalah orang – orang yang membutuhkan moda transportasi anggutan masal untuk pergi ke suatu tempat entah itu objek wisata ataupun tempat – tempat lainnya. Mereka yang menjadi target pasar pada dasarnya adalah para konsumen sedangkan para perusahaan otobus berperan sebagai sumber pemenuhan kebutuhan.

Kala liburan tiba bisa kita pastikan semakin banyak orang ingin pergi berwisata bersama suatu rombongan yang artinya semakin banyak juga orang yang membutuhkan layanan sewa bus pariwisata Jakarta.  Keadaan ini mengasilkan meningkatnya jumlah permintaan yang didapat para agen bus. Karena permintaan sedang banyak – banyaknya bisa jadi unit yang mereka miliki tidak mencukupi untuk memenuhi seluruh permintaan yang ada. Akhirnya sistem siapa cepat dia dapat pun berlaku.

Pada sistem tersebut pelanggan harus melakukan booking terlebih dahulu di jauh – jauh hari sebelum keberangkatan. Karena sifatnya baru booking, pihak agen perlu memastikan bahwa sang pelanggan serius ingin memakai layanan mereka sehingga ada biaya booking yang perlu dibayarkan. Hal ini otomatis mengakibatkan harga naik. Belum lagi jika suatu perusahaan memanfaatkan keadaan pelanggan yang kepepet atau sedang perlu – perlunya. Tentu dengan percaya diri mereka akan menawarkan harga yang relatif lebih mahal dan yakin pelanggan bersedia membayarnya.


Alyandaj Reaction ©2019. All Rights Reserved.
Powered by WordPress. Theme by Phoenix Web Solutions