Cara Mengalihkan Pengunjung Dari Domain Lama Ke Domain Baru! - Alyandaj Reaction
 

Cara Mengalihkan Pengunjung Dari Domain Lama Ke Domain Baru!

| Posted in blog

Mengalihkan Pengunjung Dari Domain Lama

Perkembangan teknologi yang semakin pesat berbanding lurus dengan perkembangan website di internet. Website merupakan kumpulan halaman web yang saling terhubung yang memuat berbagai informasi dari berbagai topik. Jika anda merupakan seorang yang gemar menggeluti dunia website, maka anda tidak asing dengan hal yang namanya domain.

Domain merupakan salah satu hal yang paling penting dalam website. Domain adalah nama unik/nama mudah dari website anda. Penggunaan domain membuat website anda bisa dipanggil tanpa harus memanggil IP server anda.

Jika sebelumnya anda sudah membuat website dengan pengunjung yang cukup banyak kemudian, anda ingin atau harus mengganti domain baru, maka anda wajib melakukan redirect pada domain. Kenapa? Tentu saja agar pengunjung domain baru anda lebih banyak juga karena domain website merupaka hal yang mudah diingat oleh pengguna atau pelanggan setia website anda. Hal yang pasti dikhawatirkan adalah beberapa halaman yang mungkin akan mengalami eror bahakan tidak dapat diakses. Namun, dengan melakukan redirect domain anda tidak perlua khawatir lagi karena redirect domain akan memiliki manfaat seperti berikut ini:

  • Pengunjung website anda yang dulu secara otomatis akan langsung diarahkan ke domain baru anda
  • Index search engine akan langsung diarahkan ke domain baru anda untuk membuat Search engine result page

Berikut Cara Redirect Domain Lama Ke Domain Baru!

  1. Hal pertama yang harus anda lakukan adalah masuk ke dashboard website anda kemudian cari folder public_html
  2. Setelah folder tersebut ditemukan, edit file .htacces pada folder tersebut.
  3. Kemudian masukan kode berikut ini:
RewriteEngine On

Rewrite ^(.*)$ https://domainbaruanda.com/$1 [R=301,L]

“domainbaruanda.com” merupakan nama domain baru anda.

Cara redirect domain lama ke domain baru sangat mudah bukan? Tidak akan banyak membuang waktu anda. Jadi anda tidak perlu takut jika ingin mengganti domain website anda. Namun, jika domain website anda sudah memiliki umur yang cukup lama, tidak disarankan untuk mengganti domain karena domain anda mungkin sudah ada diingatan pelanggan atau pengunjung tetap website anda. Namun, jika anda memang benar-benar harus mengganti domain baru karena tidak dapat mengakses domain lama anda ataupun hal lain yang bersifat internal, anda dapat melakukan cara redirect domain lama ke domain baru seperti di atas agar semua traffic yang terarah ke domain lama akan secara langsung diarahkan menuju domain baru anda.

Simak Juga : 4 Jenis Backlink SEO untuk Optimasi Blog

Pada dasarnya proses redirect domain lama ke domain baru pada wordpress hampir sama dengan cara diatas. Namun anda dapat menginstal plugin Velvet Blue untuk mempermudah anda. Cara menginstal plugin Velvet Blue sama seperti menginstal plugin wordpress pada umumnya. Fungsi plugin ini untuk mengganti url/domain lama anda dengan domain baru.

Cara redirect domain lama ke domain baru di atas diharapkan membantu anda yang ingin mengganti domain namun takut traffic website anda menurun. Setelah melakukan redirect anda tidak perlu khawatir kehilangan pengunjung ataupun pelanggan website anda. Namun, pastikan anda melakukan redirect domain dengan benar karena jika anda tidak melakukan redirect dengan benar, domain baru anda mungkin saja jadi tidak dapat diakses.

Melakukan redirect domain memang dapat mudah dan membantu anda ketika mengganti domain website anda. Namun, hal terpenting adalah apakah memang perlu anda mengganti domain anda? Lakukanlah redirect domain pada situasi yang mendesak, situasi yang benar-benar mewajibkan anda untuk mengganti domain anda.


Alyandaj Reaction ©2020. All Rights Reserved.
Powered by WordPress. Theme by Phoenix Web Solutions