Beginilah Perbedaan Vektor dan Bitmap untuk Desain Id Card - Alyandaj Reaction
 

Beginilah Perbedaan Vektor dan Bitmap untuk Desain Id Card

| Posted in advertising

Infoproduksi.com – Dalam menyelenggarakan event, selain tata cara pendaftaran, pembelian tiket, perlengkapan peserta seperti id card, tali id card, seminar kit, dan tiket adalah hal yang tak boleh diabaikan begitu saja. Untuk kali ini, kita bahas dari yang paling penting dan menonjol terlebih dahulu, yaitu id card. Untuk desain kartu pengenal ini sendiri, kamu harus tau bahwa ada dua jenis desain, yaitu Vector dan Bitmap. Keduanya dibutuhkan saat kamu akan mendesain sendiri id card yang dibutuhkan. Sekarang, kita lihat perbedaan keduanya.

Peberdaan Ukuran

Peberdaan Ukuran

Yang pertama adalah ukuran (size) gambar yang akan kamu cetak atau print. Umumnya, file yang berbentuk bitmap akan berukuran sama saat disimpan dan ketika didesain. Berbeda dengan desain vector, yang cenderung sering lebih berukuran kecil saat disimpan. Untuk id card ini, biasanya orang lebih sering memakai desain vector.

Saat di-Zoom

Perbedaan yang kedua adalah bentuknya saat di-zoom. Meski file vector mengecil saat disimpan, namun ketika proses zoom, ia tidak akan pecah atau blur. Berbeda lagi dengan desain bitmap, yang bisa pecah dan blur jika ia diperkecil dan diperbesar melebihi ukuran dan kualitas gambarnya.

Susunan Objek

 

Susunan Objek

Perbedaan yang ketiga adalah susunan objek gambar. Pada vector, gambar akan disusun dengan objek-objek geometris serta dibuat menggunakan sistem yang matematis. Berbeda lagi dengan desain pada bitmap. Pada bitmap, gambar disusun dengan berdasarkan objek berbentuk pixel. Susunan objek yang lebih bagus dalam hal ini jelas adalah vector, yang bisa digunakan untuk mendesain id card dan tali id card.

Sifat dan Kegunaan

Pada vector, sifatnya tak dipengaruhi oleh resolusi sedangkan bitmap punya sifat yang dipengaruhi oleh resolusi. Vector ini biasanya digunakan untuk desain logo, id card, dan ilustrasi lain. Sedangakan bitmap lebih sering digunakan untuk desain gambar yang punya banyak warna, seperti foto.

Jadi, untuk desain id card ini pilihlah vector, karena ia punya gambar yang tak pecah saat di-zoom dan tak tergantung dengan resolusi. Selanjutnya, untuk id card itu gunakan juga kertas yang bagus dan tali lanyard berkualitas, agar id card semakin terlihat indah.


Alyandaj Reaction ©2019. All Rights Reserved.
Powered by WordPress. Theme by Phoenix Web Solutions