Beberapa Tahapan Penting Pada Pengolahan Beton – Alyandaj Reaction
 

Beberapa Tahapan Penting Pada Pengolahan Beton

| Posted in Teknik

Salah satu proses yang tidak kalah penting dalam sebuah pekerjaan konstruksi adalah proses pengolahan beton. Pada proses ini tentunya harus dilakukan dengan baik dan benar agar nantinya hasil yang didapatkan bisa maksimal dan berkualitas tinggi. Dalam pengolahan beton pun perlu melewati beberapa hal, seperti pengadukan, pengangkutan, penuangan dan juga pemdatan beton itu sendiri.

Dan tentu saja pada semua proses tersebut memerlukan sebuah alat bantu agar pengerjaan nantinya bisa lebih mudah dan juga cepat untuk diselesaikan. Ada banyak alat yang bisa dipilih terutama jika anda mendatangi salah satu perusahaan konstruksi yaitu SARANA MUTU, disana mereka menyediakan berbagai alat untuk segala pembangunan konstruksi mulai dari alat yang kecil sampai dengan yang besar sekalipun.

 

Tahapan Pengolahan Beton

Jika peralatan tersebut telah anda dapatkan dan siap untuk digunakan, maka proses pengolahan juga bisa untuk mulai dilakukan. Supaya proses pengolahan beton bisa berjalan baik dan juga lancar, ada beberapa tahapan yang harus dilewati. Berikut adalah beberapa tahap proses pengolahan beton tersebut, yakni :

  • Pencampuran dan Pengadukan Bahan

Umumnya untuk membuat beton diperlukan beberapa campuran bahan yaitu terdiri dari semen, agregat dan juga air. Untuk bahan agregat sendiri ada dua macamnya, yaitu agregat kasar yang terdiri dari krikil dan agregat halus yang terdiri dari pasir. Ini bisa disesuaikan dengan jenis kebutuhan yang diperlukan. Selain dari tiga bahan tersebut agar beton bisa jadi lebih kuat dan juga tahan lama maka ada beberapa yang juga menggunakan campuran zat adiktif.

Dalam skala kecil, proses pencamuran bahan atau adukan bisa dilakukan secara manual oleh para pekerjanya. Namun jika itu dalam skala besar, maka alat bantu bisa digunakan pada proses pengadukan ini. Selain membuat adukan lebih merata ini juga menjadikan pekerjaan pengadukan jadi lebih cepat.

  • Proses Pemindahan

Jika proses pengadukan telah selesai maka proses selanjutnya adalah pemindahan ke tempat cetak. Dalam proses ini harus dilakukan dengan cepat agar bahan adukan tidak bereaksi dan malah semakin menjadi keras.  Untuk jumlah kecil pengangkutan bisa menggunakan ember atau wadah lainnya. Akan tetapi jika jumlahnya besar maka truk aduk beton juga sangat dibutuhkan.

  • Proses Pemadatan Adukan

Proses pemadatan dilakukan agar nantinya struktur beton bisa lebih kuat dan juga lebih tahan lama. Ini adalah cara untuk mengeluarkan udara yang terjebak di dalam adukan beton itu sendiri. Apabila udara dibiarkan berada di dalamnya maka ini akan membuat beton nantinya mudah rapuh dan juga keropos.

Proses ini juga harus segera dilakukan ketika adukan beton masih dalam kondisi plastis. Jadi udara nantinya dapat dengan  mudah keluar dan adukan beton bisa masuk ke dalam rongga yang masih belum terisi di bagian bawahnya. Alat yang bisa digunakan dalam proses ini bisa berupa vibrator beton ataupun vibrator exen. Dengan alat ini pengerjaan pemadatan nantinya akan berjalan dengan mudah dan cepat.

 

Nah itu adalah beberapa tahapan yang harus dilalui dalam pengolahan beton. Dalam setiap prosesnya harus dilakukan dengan cermat dan juga teliti, ini agar beton yang diperoleh bisa benar-benar kokoh dan kuat.


Alyandaj Reaction ©2019. All Rights Reserved.
Powered by WordPress. Theme by Phoenix Web Solutions