Asap Rokok Perburuk Pemanasan Global – Alyandaj Reaction
 

Asap Rokok Perburuk Pemanasan Global

| Posted in blog

Pemanasan global atau global warming merupakan permasalahan yang serius. Salah satu faktor utama penyebab pemanasan global adalah polusi udara. Sebagaian besar polusi udara adalah hasil pembakaran energi dan kegiatan produksi. Ketika dunia semakin panas dan jumlah penduduk semakin banyak maka emisi kendaraan bermotor pun meningkat, membuat polusi udara semakin buruk. Berdasarkan survey dari organisasi kesehatan dunia atau WHO, 9 dari 10 orang menghirup udara yang tercemar, dan juga menjadi pembunuh 7 juta orang setiap tahunnya. Efek samping udara yang tercemar merupakan ancaman serius yang menyebabkan kematian akibat penyakit jantung, stroke serta kanker paru-paru.

Efek Asap Rokok pada Lingkungan

Mungkin kita sering melihat banyak orang mengabaikan tulisan pada spanduk tanda dilarang merokok dan tetap merokok di area tersebut. Banyak yang tidak menyadari bahwa  merokok tidak hanya berbahaya bagi kesehatan perokok tersebut namun juga orang lain karena gas-gas yang ditemukan pada udara yang tercemar seperti karbon dioksida dan metana juga ditemukan pada asap rokok. Meskipun gas-gas ini memeberikan efek langsung pada perokok namun tetap menjadi penyumbang polusi udara. Secara global rokok memproduksi sekitar 2,6 juta kilogram karbon dioksida dan 5,2 metana ke atmosfer bumi setiap tahun. Hal ini tentu memperlihatkan bagaimana asap rokok menimbulkan polusi udara dan memperburuk pemanasan global. Penelitian terbaru bahkan menyebutkan bahwa polusi yang disebabkan oleh rokok 10 kali lipat lebih berbahaya dari gas buang knalpot mesin diesel. Hal ini terjadi karena kendaraan-kendaraan diesel saat ini memiliki sistem penyaringan yang dapat mengurangi tingkat gas berbahaya hingga sepertiga sedangkan rokok tidak.

 tanda dilarang merokok 

Efek Polusi Udara pada Lesehatan

Paparan udara yang tercemar terbukti mengurangi kualitas kesehatan manusia. Polusi udara dapat menyebabkan masalah jantung, alergi, asthma, penyakit paru, kanker kulit atau paru, masalah penglihatan hingga gangguan perkembangan baik fisik maupun mental pada anak. Orang-orang yang paling rentan dengan permasalahan kesehatan seperti ini adalah anak-anak dan orangtua. Beberapa penelitian bahkan menunjukan orang yang tinggal di kota besar dengan tingkat kepadatan lalu lintas tinggi memiliki masalah kesehatan pernapasan dan cenderung mengidap penyakit pernapasan. Penyakit pernapasan tidak hanya menggangu aktifitas sehari-hari namun juga dapat menyebabkan kematian.

Efek Polusi Udara pada Lesehatan

Asap rokok dan polusi udara merupakan dua hal yang saling berkaitan dan sama-sama memiliki efek yang buruk bagi kesehatan manusia, maupun bumi. Oleh karena itu bagi Anda yang merokok mulailah memperhatikan keberadaan spanduk dilarang merokok serta dibaringi tindakan tidak merokok pada tempat-tempat tersebut. Dengan mengurangi jumlah tempat yang memperbolehkan merokok tentu akan mengurangi intesitas merokok Anda yang dapat membantu Anda berhenti dari kebiasaan yang satu ini karena mengurangi rokok sama dengan membantu mengurangi tingkat polusi yang berbahaya bagi kita semua.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Alyandaj Reaction ©2019. All Rights Reserved.
Powered by WordPress. Theme by Phoenix Web Solutions