2 Cara Menghitung Material Dak Beton Dengan Mudah – Alyandaj Reaction
 

2 Cara Menghitung Material Dak Beton Dengan Mudah

| Posted in Teknik

Jika Anda sedang berencana merenovasi rumah maupun bangunan Anda, maka perhitungan material yang akan diperlukan nantinya menjadi hal yang penting. Kesalahan dalam menyiapkan atau menghitung jumlah material yang dipakai bisa menimbulkan kendala dalam pengerjaan.

Berikut ini, kami akan membahas secara singkat dan jelas bagaimana cara menghitung material dak beton dengan mudah.

cara menghitung material dak beton

Cara Menghitung Material Dak Beton Secara Konvensional.

Dak beton bisa juga dibilang sebagai pelat lantai beton. Merupakan konstruksi lantai untuk bangunan bertingkat dua atau lebih. Dalam membuat dak beton, Anda memerlukan rangka besi yang akan dipasang. Pada pembahasan kali ini, agar lebih mudah kita akan mencoba menghitung kebutuhan besi untuk cor dak beton dengan sebuah contoh.

Misalnya, jika anda memerlukan untuk membuat lantai beton ukuran 6 x 3 meter dengan ketebalan 10 cm, maka besi yang digunakan adalah besi dengan ukuran diameter 12 mm dan jarak pasang 200 mm

beriikut perhitungannya:

Menghitung Panjang /Arah Datar (6m)

Dengan panjang lantai 6 meter dan jarak pemasangan 200mm (0,2m) maka cara menghitungnya, 6 meter : 0,2 meter = 30 buah besi. Karena digunakan untuk bagian atas dan bawah, maka jumlah besi dikali 2 = 60 meter

Setelah menemukan jumlah besi kemudian dikali panjang besi arah tegak (3 meter). Maka dihitung seperti berikut:

60 buah x 3 meter = 180 buah

Menghitung Lebar /Arah Tegak (3m)

Sama dengan menghintung  arah panjang, gunakan rumus hitung yang sama untuk arah tegak. Yaitu, 3 meter : 0,2 meter = 15 buah besi. Lalu jangan lupa dikali 2 = 30 buah besi.

Dikali kan lagi dengan panjang besi. Untuk besi arah tegak, gunakan ukuran panjang arah datar= 6m. Maka hasilnya 30 buah x 6 meter = 180 meter.

Jadi jumlah besi yang dibutuhkan sebanyak 180 + 180 = 360 meter. Lalu berapa batang besi yang akan digunakan? Pilihlah ukuran panjang besi rangka dak beton.

Apabila Anda menggunakan besi dengan panjang 10 meter, jumlah besi yang diperlukan adalah 360 :10 = 36 buah.

Sementara untuk menentukan jumlah berat besi, tergantung dengan ukuran panjang diameter batang besi. Misalnya, jika Anda menggunakan besi dengan diameter 12 mm. Maka beratnya sebesar 0,888 per meter besi. Jadi cara menghitungnya 0,888 x 180 meter = 159,84 Kilogram.

Perhatikan Hal Ini Sebelum Menyiapkan Dak Beton

Jika Anda sudah memahami bagaimana menghitung material dak beton yang diperlukan, tidak kalah penting untuk memperhatikan hal hal dibawah ini :

1. Jangan menggunakan besi berlebihan, karena hanya akan menambah bobot struktur beton

2. Ketebalan dak beton harus cukup menahan tekanan. Umumnya, ketebalan dak beton yang digunakan untuk lantai berkisar 12 cm, tebalnya hanya 8 cm

3. Proses pengadukan tidak boleh asal. Maksudnya, pastikan dalam mengaduk bahan beton hingga merata, tidak terlalu cair ataupun kental.

4. Jika Anda takut dak beton mengeras sebelum waktunya, gunakan lah lap basah atau siram dengan air secukupnya.

Itu dia beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membuat dak beton dan bagaimana cara menghitung material dak beton dengan konvensional. Sebelum memulai renovasi rumah Anda, Jangan lupa untuk memperhatikan titik berat di area beton. Jika nanti akan ada barang barang berat seperti brankas yang akan ditempatkan diatas dak beton, kalkukalisakan ulang ketebalan beton Anda,


Alyandaj Reaction ©2019. All Rights Reserved.
Powered by WordPress. Theme by Phoenix Web Solutions